Monday, July 30, 2012

Pembekalan UPT OKK STIKOM Surabaya (Buku Panduan OKK)

KATA PENGANTAR

Buku Pedoman OKK STIKOM 2012 ini di buat sebagai panduan para Kolega Senior untuk mendidik Kolega Junior atau para MABA (Mahasiswa Baru). Tanggal 23 Juli 2012 yang menyatakan bahwa OC dan KS Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer (STIKOM) Surabaya mempunyai kewajiban memberikan pedoman bagi penyelenggaraan proses Orientasi kepada para Mahasiswa Baru.

Diharapkan buku ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan OKK 2012 ini sehingga interaksi antara Mahasiswa, Dosen, Pimpinan, dan Karyawan menjadi lebih baik, dan proses Orientasi dapat berjalan lancar.

Buku ini hendaknya dimiliki dan isinya wajib ditaati ketentuannya oleh setiap anggota civitas akademika, agar terwujudapa yang kita cita-citakan bersama.

Kami mengharapkan masukan, saran serta kritik untuk lebih menyempurnakan buku ini. Kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku pedoman OKK 2012 kami mengucapkan terimakasih. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Surabaya, 23 Juli 2012

Panitia OKK 2012
i
DAFTAR ISI

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………i
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………….ii
AAK ………………………………………………………………………………………………1
AU ………………………………………………………………………………………………...3
Kemahasiswaan …………………………………………………………………………………...4
DEMA …………………………………………………………………………………………….5
SEMA …………………………………………………………………………………………….5
KOPMA …………………………………………………………………………………………..6
Perpustakaan ……………………………………………………………………………………...8
Keuangan …………………………………………………………………………………………9








ii
PEMBAHASAN

A.        AAK (Akademik)
3 hal yang penting untuk mahasiswa:
·         Buku Pedoman Akademik.
·         Kalender Akademik.
·         SIIS (Student Integrited Information System)
AAK berada di lantai 2 gedung merah STIKOM Surabaya
Rekan – rekan AKK:
a.       Khoirul : Presentasi mahasiswa dispensasi.
b.      Tasya : Kehadiran dosen.
c.       Ali dan Sapta : Regristrasi dan surat – surat.
d.      Diana : Soal ujian dan nilai ujian.
e.       Netti : Ijazah, Yudisium, Laporan kopertis
f.       Vivine: Kabag. Akademik
Proses AAK secara global :
a.       Registrasi dan her – Regristrasi (KRS) dalam Pasal 15 Kartu Rencana Study
b.      Perwalian.
c.       Perkuliahan.
d.      Ujian.
e.       Semester Pendek.
f.       Yudisium (KHS).
g.      Tutup Semester.
1

-          Cara pembayaran dan sanksi keterlambatan, apabila tidak akan mengikuti ujian.
Untuk mengupdate status mahasiswa harus daftar uamg. Apabila 2x tidak registrasi akan tetrken DO (Drop Out) secara otomatis. Semester 1 dan 2 masih terikat paket. Tetapi untuk ajaran 2012 semester 2 apabila IPS > 2 maka boleh menambah SKS. Pembatalan KRS max minggu ke 4 setelah perwalian sesuai dengan pesetujuan dosen wali (Pasal 15 Kartu Rencana Study)
-          Pasca Perwalian ( minggu 1 )
·         Jika MK (Mata Kuliah) dibatalkan oleh prodi.
·        Boleh mengganti sesuai jadwal
-          Pembatalan KRS (minggu ke 4)
·         Hapus MK maka status baru.
·        Melalui SIIS dan mencetak KRS dan AAK.
-          Cara Pembayaran dan Sanksi Keterlambatan
1.      Semua pembayaran BP atau BOP dilakukan melalui pendebetan otomatis pada rekening mahasiswa pada Bank yang ditunjukan oleh STIKOM Surabaya dengan jadwal yang diatur dalam ketetapan tersendiri.
2.      Keterlambatan pembayaran BP atau BOP dikenakan sanksi yang berlaku yaitu :
a.       Tidak dapat mengikuti Ujian UTS dan UAS.
b.      Dikenakan denda sebagai berukut:
Jumlah Hari Keterlambatan
%denda
1 s/d 30
5%
31 s/d 90
10%
>90
15%






2
B.        AU (Administrasi Umum)
AU berada di lantai 2 gedung biru . Bagian AU menaungi peminjaman fasilitas yang ada di STIKOM Surabaya misalnya peminjaman ruangan, bus, kursi dan lain – lain.
-          Ada beberapa sie di AU, yaitu :
1.      Sie Pengadaan
2.      Sie Satpam
3.      Sie Teknisi
4.      Sie Rumah tangga ( membawahi 80% krbutuhan kampus ).
-          Pelayanan Umum AU :
1.      Melakukan kendali terhadap RT
2.      Pengendalian asset lembaga
3.      Inventaris asset
4.      Perawatan dan pendistribusian asset
5.      Cross check anggaran terhadap barang yang akan dibeli
6.      Mengatur keindahan dan keasrian lingkungan kerja.
-          Transportasi :
1.      Support transportasi untuk membantu kelancaran kegiatan di dalam dan di luar lembaga
2.      Perawatan rutin terhadap armada lembaga
3.      Mengatur distribusi penggunaan kendaraan sesuai form permintaan









3
-          Tata cara peminjaman :
1.    Mahasiswa mengisi form peminjaman yang ada di bagian AU.
2.    Setelah itu berikan form pada petugas dan akan disah kan oleh petugas.
3.    Foto copy form sebanyak 3 lembar.
4.    Berikan lembar 1 kepada petugas AU, lembar 2 Bagian Kemahasiswaan dan lembar 3 pada  Satpam.
5.    Simpan form yang asli sebagai bukti.
6.    Peminjaman sarana prasarana dilayani mulai pukul 07.30-16.30
7.    Jam kegiatan luar ruangan maksimal sampai dengan pukul 22.00, kecuali hal-hal khusus diperbolehkan sampai pukul 00.00 atas seijin atasan langsung dan AU
8.    Kegiatan didalam ruangan ( kelas, ruang rapt, SG, audit, dll ) maksimal sampai dengan pukul 19.00

C.        Kemahasiswaan
Pada dasarnya Perguruan Tinggi mempunyai tugas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM-Mahasiswa) yang berkualitas. Kualitas SDM yang dimaksudkan bukan hanya pada lingkup kompetensi, ketrampilan dan keahlian akademik (Hard Skill atau Akademic Skill) saja, tetapi juga menyangkut kepribadian, attitude, moral dan keimanan (Life Skill atau Social Skill). Hal ini berarti Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar menyuguhkan kegiatan akademis belaka, namun juga kegiatan-kegiatan non akademis.
Untuk pengembangan Soft Skills, bagian Kemahasiswaan STMIK STIKOM Surabaya berkewajiban mengelola kegiatan dan program pembinaan Soft Skills dengan berkoordinasi bersama para Kepala Program Studi serta berkoordinasi dengan bagian terkait dalam rangka menyediakan sarana dan fasilitas sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa, sehingga memungkinkan pengembangan penalaran, bakat minat dalam seni, budaya, dan olah raga, kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.

4
D.        DEMA
Kedudukan organisasi ini sebagai organisasi non-struktural di lingkungan STIKOM berfungsi untuk menjaring, menampung dan menyaring serta mengemas aspirasi mahasiswa dalam lingkungan STIKOM tentang apa yang dirasakan dan dihadapi dalam bermacam-macam kegiatan yang telah maupun akan diadakan oleh Senat Mahasiswa. Selanjutnya aspirasi tersebut diolah untuk diteruskan kepada lembaga untuk mendapatkan tanggapan dan tindak lanjut.  DEMA mempunyai kedudukan yang sejajar dengan SEMA serta menjalankan fungsi pengawasan bagi pelaksanaan Program Kerja SEMA, dan berintegrasi dengan Hima Prodi.

E.        SEMA
Organisasi ini adalah pelaksana (eksekutif) dari Program Kerja Tahunan SEMA yang diputuskan dalam Rapat Kerja Tahunan SEMA.  Program Kerja Tahunan SEMA di dasarkan kepada:





5
1.              Penjabaran arahan/kebijaksanaan lembaga kedalam Program Kerja Senat  Mahasiswa Tahunan
2.              Mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan mengsinkronisasikan aktifitas kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan Kerohanian) kearah semangat kompetisi yang sehat dan prestasi
3.      Mengembangkan ketrampilan manajemen organisasi mahasiswa.


F.         KOPMA
Menyediakan beberapa barang kebutuhan mahasiswa, misalnya alat-alat tulis, buku paket, fotocopy, makanan kecil, kafe, wartel dan sebagainya. Kopma ini memiliki badan hukum dan dalam kepengurusannya dikelola oleh mahasiswa ada dalam bimbingan dan pembinaan bagian Kemahasiswaan. Koperasi mahasiswa ini juga mengemban tugas untuk mengenal dan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta atau interprenuership pada mahasiswa STIKOM Surabaya.




6
-          Macam-macam koperasi :
1.      Koperasi Konsumsi
2.      Koperasi Kredit/Simpan pinjam
3.      Koperasi Produksi
4.      Koperasi Jasa
5.      Koperasi Serba usaha
-          Seluruh mahasiswa STIKOM Surabaya adalah  anggota KOPMA
-          Motto KOPMA :
Dari anggota, oleh anggota, untuk anggota
-          Tujuan Utama Kopma
Mengebangkan kesejahteraan anggota yang dimana Koperasi adalah kumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal, sehingga laba bukan tolak ukur utama.
-          Keanggotaan Koperasi
Anggota Koperasi adalah PEMILIK sekaligus PENGGUNA itu sendiri. Seluruh Mahasiswa aktif STIKOM merupakan anggota pasif karena telah menyumbang dana sebesar Rp 7.500,- pada awal mendaftar.
-          Orang-orang yang menandatangani Akta Pendirian Koperasi tersebut :
1. Drs. Bambang Hariadi – Pembina
2. Siti Fatimah – Ketua
3. Fransisca Tri Wahyuni – Bendahara
4. Ira Kusuma – Sekretaris
5. Dwi Setyo Oetomo – Sie Pengembangan Usaha







7
G.        PERPUSTAKAAN
-          MISI :
a.       Berperan aktif dalam menyelenggarakan proses pengadaan, pengolahan ,    pelestarian bahan pustaka .
b.      Menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan .
c.       Menyeberluaskan informasi .

-          VISI
a.       Meningkatkan kemampuan kualitas Sumber Daya Manusia .
b.      Mengembangkan koleksi perpustakaan sesuai IPTEK .
c.        Mengembangkan fasilitas guna memenuhi kebutuhan pengguna.
d.      Meningkatkan pelayanan prima, kemudahan , kecepatan dana ketepatan

-          Gambaran “ CURRENT CONDITION” :
·           Jumlah koleksi :
 - buku                       : 31.801 exp
 -  majalah                  : 10.302 exp
 - karya ilmiah            : 7.495 exp

- Perpustakaan STIKOM Surabaya juga memberika teladan , seperti :
·         Berkunjung
·         Memanfaatkan fasilitas
·         Mendapatkan informasi
·         Menggunakan referensi




8
-          Langkah – langkah Surfive :
·         Finding information
·         Decoding information
·         Evaluating information
·         Creating information
·         Communicating information

-          Literasi informasi :
·         Mengenal fungsi fasilitas
·         Memahami cara menanamkan
·         Memanfaatkan

-          Fungsi perpustakaan :
·         Fungsi akumulasi dan preservasi .
·         Fungsi pendidikan .
·         Fungsi penilitian .
·         Fungsi inspirasi .
·         Fungsi rekreasi .

H.        KEUANGAN
Biaya Pengembangan
1. BP dikenakan hanya sekali pada awal Maba
2. BOP Biaya Operasional Pendidikan adalah biaya yang merupakan satu kesatuan dari biaya kuliah
 Prosedur Pembayaran
Tanggal 10 setiap jadwal pembayaran BP/BOP. Saldo ditabungan mahasiswa harus tersedia sebesar Nominal Angsuran
9

Angsuran 1 BOP
1. Khusus BOP Angsuran 1 bagi Maba harus dibayar secara manual langsung ke rekening STIKOM
2. Paling lambat tanggal 10 Agustus 2012
3. Jangan lupa membawa bukti pembayaran

Proses Pembukaan Rekening
1. Membawa Bukti Registrasi Maba
2. Membawa fotocopy KTP yang masih berlaku
3. Mengisi Surat Keterangan yang bias di dapatkan di BAAK

Pembayaran Manual
Pembayaran yang langsung disetorkan ke rekening STIKOM

1. BANK CIMB NIAGA
No.rek : 3200100031005
A.n : STIKOM

2. BCA
No.rek : 0883022481
A.n : Yayasan Putra Bhakti


10







0 comments:

Post a Comment

 

Helly