Buku
Pedoman OKK STIKOM 2012 ini di buat sebagai panduan para Kolega Senior untuk
mendidik Kolega Junior atau para MABA (Mahasiswa Baru). Tanggal 23 Juli 2012
yang menyatakan bahwa OC dan KS Sekolah Tinggi Manajemen Informatika &
Teknik Komputer (STIKOM) Surabaya mempunyai kewajiban memberikan pedoman bagi
penyelenggaraan proses Orientasi kepada para Mahasiswa Baru.
Diharapkan
buku ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan OKK 2012
ini sehingga interaksi antara Mahasiswa, Dosen, Pimpinan, dan Karyawan menjadi
lebih baik, dan proses Orientasi dapat berjalan lancar.
Buku
ini hendaknya dimiliki dan isinya wajib ditaati ketentuannya oleh setiap
anggota civitas akademika, agar terwujudapa yang kita cita-citakan bersama.
Kami
mengharapkan masukan, saran serta kritik untuk lebih menyempurnakan buku ini.
Kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku pedoman OKK 2012 kami
mengucapkan terimakasih. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Surabaya,
23 Juli 2012
Panitia OKK 2012
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
……………………………………………………………………………………i
Daftar Isi
………………………………………………………………………………………….ii
AAK
………………………………………………………………………………………………1
AU
………………………………………………………………………………………………...3
Kemahasiswaan
…………………………………………………………………………………...4
DEMA
…………………………………………………………………………………………….5
SEMA
…………………………………………………………………………………………….5
KOPMA
…………………………………………………………………………………………..6
Perpustakaan
……………………………………………………………………………………...8
Keuangan
…………………………………………………………………………………………9
ii
PEMBAHASAN
A. AAK (Akademik)
3 hal yang penting untuk mahasiswa:
·
Buku Pedoman
Akademik.
·
Kalender
Akademik.
·
SIIS (Student
Integrited Information System)
AAK berada di lantai 2 gedung merah STIKOM Surabaya
Rekan – rekan AKK:
a.
Khoirul : Presentasi mahasiswa dispensasi.
b.
Tasya :
Kehadiran dosen.
c.
Ali dan Sapta : Regristrasi
dan surat – surat.
d.
Diana :
Soal ujian dan nilai ujian.
e.
Netti :
Ijazah, Yudisium, Laporan kopertis
f.
Vivine: Kabag.
Akademik
Proses AAK secara global :
a.
Registrasi dan
her – Regristrasi (KRS) dalam Pasal 15 Kartu Rencana Study
b.
Perwalian.
c.
Perkuliahan.
d.
Ujian.
e.
Semester Pendek.
f.
Yudisium (KHS).
g.
Tutup Semester.
1
-
Cara pembayaran
dan sanksi keterlambatan, apabila tidak akan mengikuti ujian.
Untuk mengupdate status mahasiswa harus daftar uamg.
Apabila 2x tidak registrasi akan tetrken DO (Drop Out) secara otomatis.
Semester 1 dan 2 masih terikat paket. Tetapi untuk ajaran 2012 semester 2
apabila IPS > 2 maka boleh menambah SKS. Pembatalan KRS max minggu ke 4
setelah perwalian sesuai dengan pesetujuan dosen wali (Pasal 15 Kartu Rencana Study)
-
Pasca Perwalian
( minggu 1 )
·
Jika MK (Mata
Kuliah) dibatalkan oleh prodi.
·
Boleh mengganti
sesuai jadwal
-
Pembatalan KRS
(minggu ke 4)
·
Hapus MK maka
status baru.
·
Melalui SIIS dan
mencetak KRS dan AAK.
-
Cara Pembayaran
dan Sanksi Keterlambatan
1.
Semua pembayaran
BP atau BOP dilakukan melalui pendebetan otomatis pada rekening mahasiswa pada
Bank yang ditunjukan oleh STIKOM Surabaya dengan jadwal yang diatur dalam
ketetapan tersendiri.
2.
Keterlambatan
pembayaran BP atau BOP dikenakan sanksi yang berlaku yaitu :
a.
Tidak dapat
mengikuti Ujian UTS dan UAS.
b.
Dikenakan denda
sebagai berukut:
Jumlah Hari Keterlambatan
|
%denda
|
1
s/d 30
|
5%
|
31
s/d 90
|
10%
|
>90
|
15%
|
2
B. AU (Administrasi Umum)
AU berada di lantai 2 gedung biru . Bagian AU menaungi
peminjaman fasilitas yang ada di STIKOM Surabaya misalnya peminjaman ruangan,
bus, kursi dan lain – lain.
-
Ada beberapa sie di AU, yaitu :
1.
Sie Pengadaan
2.
Sie Satpam
3.
Sie Teknisi
4.
Sie Rumah tangga ( membawahi 80% krbutuhan kampus ).
-
Pelayanan Umum AU :
1.
Melakukan kendali terhadap RT
2.
Pengendalian asset lembaga
3.
Inventaris asset
4.
Perawatan dan pendistribusian asset
5.
Cross check anggaran terhadap barang yang akan dibeli
6.
Mengatur keindahan dan keasrian lingkungan kerja.
-
Transportasi :
1.
Support transportasi untuk membantu kelancaran kegiatan
di dalam dan di luar lembaga
2.
Perawatan rutin terhadap armada lembaga
3.
Mengatur distribusi penggunaan kendaraan sesuai form
permintaan
3
-
Tata cara
peminjaman :
1.
Mahasiswa
mengisi form peminjaman yang ada di bagian AU.
2.
Setelah itu
berikan form pada petugas dan akan disah kan oleh petugas.
3.
Foto copy form
sebanyak 3 lembar.
4.
Berikan lembar 1
kepada petugas AU, lembar 2 Bagian Kemahasiswaan dan lembar 3 pada Satpam.
5.
Simpan form yang
asli sebagai bukti.
6.
Peminjaman sarana prasarana dilayani mulai pukul
07.30-16.30
7.
Jam kegiatan luar ruangan maksimal sampai dengan pukul
22.00, kecuali hal-hal khusus diperbolehkan sampai pukul 00.00 atas seijin
atasan langsung dan AU
8.
Kegiatan didalam ruangan ( kelas, ruang rapt, SG, audit,
dll ) maksimal sampai dengan pukul 19.00
C. Kemahasiswaan
Pada dasarnya Perguruan
Tinggi mempunyai tugas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM-Mahasiswa)
yang berkualitas. Kualitas SDM yang dimaksudkan bukan hanya pada lingkup
kompetensi, ketrampilan dan keahlian akademik (Hard Skill atau Akademic Skill)
saja, tetapi juga menyangkut kepribadian, attitude, moral dan keimanan (Life
Skill atau Social Skill). Hal ini berarti Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar
menyuguhkan kegiatan akademis belaka, namun juga kegiatan-kegiatan non
akademis.
Untuk pengembangan Soft
Skills, bagian Kemahasiswaan STMIK STIKOM Surabaya berkewajiban mengelola
kegiatan dan program pembinaan Soft Skills dengan berkoordinasi bersama para
Kepala Program Studi serta berkoordinasi dengan bagian terkait dalam rangka
menyediakan sarana dan fasilitas sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa,
sehingga memungkinkan pengembangan penalaran, bakat minat dalam seni, budaya,
dan olah raga, kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.
4
D. DEMA
Kedudukan organisasi ini sebagai organisasi
non-struktural di lingkungan STIKOM berfungsi untuk menjaring, menampung dan
menyaring serta mengemas aspirasi mahasiswa dalam lingkungan STIKOM tentang apa
yang dirasakan dan dihadapi dalam bermacam-macam kegiatan yang telah maupun
akan diadakan oleh Senat Mahasiswa. Selanjutnya aspirasi tersebut diolah untuk
diteruskan kepada lembaga untuk mendapatkan tanggapan dan tindak lanjut.
DEMA mempunyai kedudukan yang sejajar dengan SEMA serta menjalankan fungsi pengawasan
bagi pelaksanaan Program Kerja SEMA, dan berintegrasi dengan Hima Prodi.
E. SEMA
Organisasi
ini adalah pelaksana (eksekutif) dari Program Kerja Tahunan SEMA yang
diputuskan dalam Rapat Kerja Tahunan SEMA. Program Kerja Tahunan SEMA di
dasarkan kepada:
5
1.
Penjabaran arahan/kebijaksanaan lembaga kedalam
Program Kerja Senat Mahasiswa Tahunan
2.
Mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan
mengsinkronisasikan aktifitas kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK
(Unit Kegiatan Kerohanian) kearah semangat kompetisi yang sehat dan prestasi
3. Mengembangkan
ketrampilan manajemen organisasi mahasiswa.
F. KOPMA
Menyediakan beberapa
barang kebutuhan mahasiswa, misalnya alat-alat tulis, buku paket, fotocopy,
makanan kecil, kafe, wartel dan sebagainya. Kopma ini memiliki badan hukum dan
dalam kepengurusannya dikelola oleh mahasiswa ada dalam bimbingan dan pembinaan
bagian Kemahasiswaan. Koperasi mahasiswa ini juga mengemban tugas untuk
mengenal dan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta atau interprenuership pada
mahasiswa STIKOM Surabaya.
6
-
Macam-macam koperasi :
1.
Koperasi Konsumsi
2.
Koperasi Kredit/Simpan pinjam
3.
Koperasi Produksi
4.
Koperasi Jasa
5.
Koperasi Serba usaha
-
Seluruh mahasiswa STIKOM Surabaya adalah anggota KOPMA
-
Motto KOPMA :
Dari anggota, oleh anggota, untuk anggota
-
Tujuan Utama
Kopma
Mengebangkan
kesejahteraan anggota yang dimana Koperasi adalah kumpulan orang-orang, bukan
perkumpulan modal, sehingga laba bukan tolak ukur utama.
-
Keanggotaan
Koperasi
Anggota
Koperasi adalah PEMILIK sekaligus PENGGUNA itu sendiri. Seluruh Mahasiswa aktif
STIKOM merupakan anggota pasif karena telah menyumbang dana sebesar Rp 7.500,-
pada awal mendaftar.
-
Orang-orang yang
menandatangani Akta Pendirian Koperasi tersebut :
1.
Drs. Bambang Hariadi – Pembina
2.
Siti Fatimah – Ketua
3.
Fransisca Tri Wahyuni – Bendahara
4.
Ira Kusuma – Sekretaris
5.
Dwi Setyo Oetomo – Sie Pengembangan Usaha
7
G. PERPUSTAKAAN
-
MISI :
a.
Berperan aktif dalam menyelenggarakan proses pengadaan,
pengolahan , pelestarian bahan pustaka
.
b.
Menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan .
c.
Menyeberluaskan informasi .
-
VISI :
a.
Meningkatkan kemampuan kualitas Sumber Daya Manusia .
b.
Mengembangkan koleksi perpustakaan sesuai IPTEK .
c.
Mengembangkan
fasilitas guna memenuhi kebutuhan pengguna.
d.
Meningkatkan pelayanan prima, kemudahan , kecepatan dana
ketepatan
-
Gambaran “ CURRENT CONDITION” :
·
Jumlah koleksi :
- buku : 31.801 exp
- majalah : 10.302 exp
- karya ilmiah : 7.495 exp
- Perpustakaan STIKOM Surabaya juga memberika teladan , seperti :
·
Berkunjung
·
Memanfaatkan fasilitas
·
Mendapatkan informasi
·
Menggunakan referensi
8
-
Langkah – langkah Surfive :
·
Finding information
·
Decoding information
·
Evaluating information
·
Creating information
·
Communicating information
-
Literasi informasi :
·
Mengenal fungsi fasilitas
·
Memahami cara menanamkan
·
Memanfaatkan
-
Fungsi perpustakaan :
·
Fungsi akumulasi dan preservasi .
·
Fungsi pendidikan .
·
Fungsi penilitian .
·
Fungsi inspirasi .
·
Fungsi rekreasi .
H. KEUANGAN
Biaya Pengembangan
1. BP dikenakan hanya
sekali pada awal Maba
2. BOP Biaya Operasional Pendidikan adalah biaya yang merupakan satu kesatuan dari biaya kuliah
2. BOP Biaya Operasional Pendidikan adalah biaya yang merupakan satu kesatuan dari biaya kuliah
Prosedur Pembayaran
Tanggal 10 setiap
jadwal pembayaran BP/BOP. Saldo ditabungan mahasiswa harus tersedia sebesar
Nominal Angsuran
9
Angsuran 1 BOP
1. Khusus BOP Angsuran 1 bagi Maba harus dibayar
secara manual langsung ke rekening STIKOM
2. Paling lambat tanggal 10 Agustus 2012
3. Jangan lupa membawa bukti pembayaran
Proses Pembukaan Rekening
1. Membawa Bukti Registrasi Maba
2. Membawa fotocopy KTP yang masih berlaku
3. Mengisi Surat Keterangan yang bias di dapatkan di
BAAK
Pembayaran Manual
Pembayaran yang langsung disetorkan ke rekening
STIKOM
1. BANK CIMB NIAGA
No.rek : 3200100031005
A.n : STIKOM
2. BCA
No.rek : 0883022481
A.n : Yayasan Putra Bhakti
10
0 comments:
Post a Comment